Pintu Kayu

Tips Masalah Interior : Mengatasi Pintu Dari Kayu yang Sulit Terbuka

pintu-partisi-kantor
Pemasangan Pintu & Partisi Kantor Metcomm, Balikpapan-Sepinggan

Perubahan Cuaca adalah penyebab utama pintu dari kayu susah untuk dibuka dan ditutup karena sifat kayu yang dapat dengan mudah menyusut dan memuai. Pada kadar air yang tinggi, pintu kayu akan menyusut dan susunan yang mengalami renggang menjadi rapat. Sedangkan bila cuaca yang panas pintu akan memuai sehingga sulit untuk di buka .Tidak hanya pintu kayu, jendela juga salah satu media yang macet untuk dibuka, Jika dibiarkan terlalu lama, pintu Anda dapat melengkung. Adapun beberapa cara / langkah untuk memperbaiki Jendela / Pintu dari kayu yang macet/susah dibuka :

1. Lepaskan Engsel Pintu.

Caranya, tergantung jenis engsel pintu Anda. Ada yang cukup dengan linggis tetapi ada yang harus dibuka skrupnya dengan obeng.

2. Letakkan Daun Pintu Pada Lantai.

Setelah engsel terlepas, angkat daun pintu. Angkat pelan-pelan. Lalu, letakkan daun pintu pada lantai.

3. Lepaskan Skrup Dengan Obeng

Lepaskan skrup pada daun pintu dengan obeng. Ini dilakukan agar daun pintu dapat berdiri tegak ketika disandarkan. Jika ternyata engsel pintu rusak atau bengkok, ganti dengan yang baru.

4. Tandai Dengan Pensil dan Penggaris

Tandai dengan pensil dan penggaris, seberapa besar bagian yang akan diserut. Lakukan hal tersebut pada kedua sisi daun pintu untuk menghindari terjadinya kemiringan setelah diserut.

5. Ganjal Dengan Kayu

Ganjal dengan kayu, lalu serut dengan alat serut manual atau mesi serut. Jika yang akan diserut adalah bagian atas atau bawah daun pintu, lakukan penyerutan dari arah atas ke bawah.

6. Perhalus Dengan Amplas

Jika pada bagian tepi menjadi tidak rata, perhalus dengan amplas kayu. pastikan bagian yang memuai telah berkurang sehingga daun pintu tak lagi bergesekan dengan lantai dan kusen.

7. Bersihkan Debu Yang Menempel

Bersihkan debu yang menempel. Kemudian, cat kembali bagian daun pintu yang diserut. Pilih yang warnanya sesuai dengan warna pintu sebelumnya atau bisa juga dengan mengganti warna cat agar mendapatkan kesan baru. Lalu, biarkan hingga cat mengering.

8. Masukkan Ke Kusen Pintu

Setelah selesai, angkat daun pintu lalu masukkan ke kusen pintu. Pasang kembali plat engsel ke daun pintu, lalu pasang engsel daun pintu ke kusen dan masukkan pengunci engsel.

9. Cek sekali Lagi

Cek sekali lagi apakah pintu tak lagi berderit. Untuk perawatan berkala, teteskan minyak pelumas pada engsel pintu. Pintu kini mudah dibuka tutup.

Demikian sedikit tips masalah pintu ini, mdh2n bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.