Kontraktor Interior Kantor

4 Tips Mencari Kontraktor Interior Kantor yang Tepat untuk Proyek Interior Anda

 

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas bagaimana cara kita sebagai kontraktor mencari proyek interior. Nah, kali ini kami ingin membahas sebaliknya yaitu bagaimana cara kita sebagai pemilik proyek mencari kontraktor interior kantor yang tepat untuk mengerjakan proyek interior kantor Anda.

pemilihan-kontraktor-yang-tepat

Seringkali kami melihat banyak fenomena miris yang terjadi terkait dengan kesalahan kita memilih kontraktor interior kantor. Ada proyek yang ditinggalkan kontraktornya, ada juga kontraktor yang dihentikan oleh pemilik proyek, atau complain yang tak ada habisnya dikarenakan banyak kesalahan teknis yang dilakukan oleh kontraktor.

Kejadian tidak mengenakkan seperti itu tentu bukan keinginan kedua belah pihak. Akhirnya proyek tidak selesai dan pemilik proyek harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mencari kontraktor baru guna melanjutkan proyek.

Kesuksesan proyek interior kantor menurut kami terletak pada pemilihan kontraktor yang tepat dan pengawasannya. Next time, kami akan bahas soal pengawasan tapi kali ini kami ingin fokus membahas mengenai bagaimana memilih kontraktor interior kantor yang tepat untuk meminimalisir masalah saat progress proyek.

  1. Mencari calon kontraktor interior kantor

Referensi

Tanya pada rekan/kolega Anda mungkin dalam setahun terakhir ini mereka pernah menggunakan jasa kontraktor interior kantor dan puas dengan hasilnya. Tapi hati-hati, ini bisa saja salah.. boleh jadi seiring waktu kualitas jasa kontraktor tersebut berubah. Makin bagus jasa kontraktor maka makin banyak proyeknya. Jika serakah biasanya faktor kebanyakan proyek ini juga seringkali menurunkan kualitas jasa.

Mencari Sendiri

Googling aj “kontraktor interior kantor di …. (kota Anda)” sudah pasti Anda bisa menemukan beberapa pilihan kontraktor interior kantor di kota Anda. Melalui website Anda bisa mengetahui tentang mereka serta melihat portofolio dan aktivitas bisnisnya.

  1. Menilai calon kontraktor interior kantor Anda

Badan Hukum

Pilih perusahaan yang memiliki legalitas yang lengkap untuk mengikuti tender Anda lebih baik lagi jika memiliki sertifikasi terkait bidang interior kantor. Pastikan juga mereka tertib pajak untuk memudahkan Anda melakukan pelaporan pajak perusahaan.

Usia Perusahaan

Menunjukkan pengalaman kontraktor tersebut dalam pekerjaan renovasi interior kantor, setidaknya piih perusahaan yang telah berjalan lebih dari 5 tahun.

Cek Portofolio

Anda bisa melihatnya di website mereka atau bisa juga menghubungi mereka dan memintanya secara khusus. Makin banyak portofolio calon kontraktor maka makin membuktikan kualitas jasa mereka sebagai kontraktor interior kantor. Pilih secara acak dan minta no kontak yang bisa Anda hubungi untuk melakukan crosscheck pada klien mereka apakah benar kontraktor tersebut pernah mengerjakan pekerjaan tersebut dan bagaimana hasilnya.

Kontraktor memang harus jujur dan hati-hati dalam memberikan portofolio. Salah satu pengalaman kami saat mengikuti tender, pemberi pekerjaan melakukan crosscheck ke klien kami melalui telepon bahkan mengecek langsung hasil pekerjaan kami.

Memiliki Workshop

Biasanya kontraktor interior kantor pasti memiliki workshop pembuatan furniture kantor baik itu custom atau build up. Lakukan kunjungan langsung pada workshopnya untuk menilai kapasitas calon kontraktor. Minta izin untuk melihat proses pembuatan mebel , berbicara langsung dengan teknisi serta melihat peralatan dan cara kerja mereka.

Garansi/Service Maintenance

Kontraktor interior kantor wajib memberikan garansi untuk menjamin kualitas kerjanya serta bersedia melakukan service setelah proyek interior kantor selesai.

Memiliki Layanan Konsultasi Desain

Umumnya kontraktor interior kantor memiliki divisi/orang khusus yang menangani masalah desain, membantu klien untuk merencanakan interiornya secara 3D.

  1. Lakukan Tender

Undang Mereka

Pilih tiga calon kontraktor interior kantor yang mendekati penilaian Anda, undang mereka secara bergantian untuk melihat pekerjaannya.

BQ (Bills of Quantities)

BQ adalah rincian yang berisi semua item pekerjaan interior kantor yang ingin Anda kerjakan, jumlah (volume) pekerjaan tersebut serta isian harga satuan setiap pekerjaan. Bagus lagi jika Anda bisa memberikan BQ  kepada mereka untuk memudahkan calon kontraktor membuat penawaran. Selain lebih fair, BQ juga membantu Anda mempercepat proses penawaran. Nantinya calon kontraktor interior kantor Anda tinggal mengisi harganya tanpa repot-repot harus melakukan pengukuran volume.

  1. Libatkan konsultan

Cari dan sewa konsultan untuk melakukan semua proses diatas, selanjutnya Anda hanya perlu menunggu dan memutuskan hasil akhirnya. Biasanya tarif konsultan ini ditentukan dari persentase nilai proyeknya, berkisar antara 3 sd 5%. Ini cara paling praktis untuk mencari kontraktor interior kantor tapi cara ini akan menjadi tambahan biaya untuk Anda.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *