Pengertian Vinyl Flooring

Pengertian dan Macam Jenis Serta Spesifikasi Kegunaan Penutup Lantai Vinyl

Vinyl adalah material penutup lantai lunak yang memiliki karakterisitik lentur namun kuat. Jenis material ini memiliki tiga lapisan utama yaitu compact layer, glass fiber, dan printed layer. Finishing terluarnya adalah UV Coated Wear Layer, yang membuat material ini nampak mengkilap dan terkesan licin. Untuk pemasangannya terbilang mudah. Di setiap lembaran Vinyl dilengkapi perekat dibagian bawah, sehingga tidak memerlukan penambahan lem untuk pemasangan. Lantai vinyl dapat dipasang diatas lantai keramik seperti halnya memasang karpet dan tidak sulit jika ingin dilepas kembali. Adapun beberapa sifat dan karakter dari penutup lantai berbahan vynil, yaitu :

  •    Ringan
  •    Elastis ( Lentur)
  •    Mudah Menyerap Suara
  •    Tahan Guncangan Dan Gerakan
  •    Tahan Terhadap Cuaca
  •    Mudah Untuk Perawatannya
  •    Tahan Rayap Dan Jamur
  •    Mudah Untuk Direnovasi Ulang

Lantai vinyl mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan lantai marmer dan mempunyai bermacam-macam corak, warna dan model tergantung selera kita. Lantai vinyl memiliki berbagai macam jenis dan spesifikasi kegunaan antara lain :

1. Anti Microbakterial

Yaitu mempunyai ketahanan dan tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri maupun jamur sehingga selalu higienis dan biasanya digunakan di rumah sakit.

2. Anti Static

Yaitu tahan terhadap goncangan dan pergeseran ringan dan tidak mudah rusak oleh hal tersebut.

3. Anti Chemical

Yaitu mempunyai ketahanan pada berbagai macam chemical dan tidak mudah rusak apabila ketumpahan chemical. Jenis ini biasa digunakan dilaboratorium dan pabrik chemical.

4. Moving Load Resistant

Yaitu mempunyai ketahanan pada beban berat yang bergerak seperti lintasan forklift trolley dan juga mempunyai heavy resistance dan biasa digunakan di pabrik dan gudang.

5. Anti Slip

Yaitu mempunyai daya resistance yang tinggi dan mempunyai permukaan yang tidak licin sehingga tidak menimbulkan slip atau terpeleset biasa digunakan pada jalan yang miring atau tangga datar ( untuk kaum difable / keterbatasan Fisik dan Aktivitas ).

Dengan berbagai macam variasi corak dan jenis, lantai ini sangat digemari, apalagi mempumyai motif yang terkesan alami (motif kayu ) dan lagi tahan terhadap jamur, rayap dan air sehingga memberi nilai lebih untuk lantai jenis vinyl. Demikian perkenalan mengenai Penutup Lantai Vinyl, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.