Gapura-Sekolah

Gapura Sekolah SMP – SMK Panca Dharma Balikpapan

Masa masih nggak tau juga apa itu “GAPURA“… Gapura adalah sebuah bangunan yang berada di paling depan area Perkantoran, Perumahan, Gang di Perkampungan untuk menandai bahwa dengan gapura ini bisa mejadi sebuah tempat / patokan oleh semua orang guna untuk mencari alamat seseorang dengan mudah.

Atau juga sebuah banguna bisa dibangun dengan megah mewah itu semu tergantung kebutuhan yang membuat gapura itu sendiri.

Gapura-SMP-SMK-Panca Dharma-Balikpapan
Gapura-SMP-SMK-Panca Dharma-Balikpapan

Gapura juga sering diartikan sebagai pintu gerbang. Dalam bidang arsitektur gapura sering disebut dengan entrance, namun entrance itu sendiri tidak bisa diartikan sebagai gapura.

Simbol yang dimaksudkan disini bisa juga diartikan sebuah ikon suatu wilayah atau area. Secara hirarki sebuah gapura bisa disebut sebagai ikon karena gapura itu sendiri lebih sering menjadi komponen pertama yang dilihat ketika kita memasuki suatu wilayah.

Awal mengenal gapura adalah sebagai gerbang dari sebuah kerajaan, jalan, hingga perkampungan. selain digunakan sebagai pintu gerbang suatu lingkungan. Gapura banyak juga digunakan sebagai gapura rumah / tempat tinggal. Banyak alasan yang menyebabkan masyarakat memilih gapura sebagai ” penjaga rumah “.

Gapura sebagai Status Sosial

Biasanya gapura digunakan sebagai simbol status sosial / identifikasi bagi si penghuninya. Semakin tinggi dan mewah gapura tersebut maka semakin tinggi status social di mata masyarakat.

Bahkan tidak hanya Pura, Kerjaan, Keluarga Keraton, Pejabat tinggi ataupun masjid kini penduduk yang berasal dari status menengah pun dapat mengadakan gapura di depan rumahnya bahkan untuk sebuah sekolah pun. Di banyak sekolah telah mengguna gerbang / gapura sebagai batasan bahkan seseorang akan melihat nilai lebih sekolah itu hanya dari bentuk gapura / gerbang sekolahnya saja sehingga menarik perhatian.

Kini Gapura tidak hanya dengan satu jenis yang monoton dan berbahan batu bata saja. Di era yang lebih modern ini, banyak para konsumen yang keinginannya lebih keren dan mewah. Entah terkesan klasik atau elegan bahkan religus. Hal ini menuntut para konstruktor / desainer interior bekerja lebih giat agar dapat memenuhi keinginan dan mengikuti tren yang berkembang di zaman modern ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.