Lemari Loker Sekolah

Pembuatan Lemari Loker Sekolah di Balikpapan

Hasil pekerjaan lemari loker sekolah yang kami posting kali ini memang sudah beberapa bulan yang lalu telah selesai kami kerjakan. Antrian artikel yang harus posting di meja admin lumayan banyak dan kebetulan admin juga merangkap sebagai estimator di M Interior. Otomatis kalau lagi banyak proyek ya jelas lebih prioritas mengerjakan estimasi material & penawaran daripada posting artikel.

Pekerjaan lemari loker ini adalah pekerjaan yang dilelang oleh pihak yayasan di sekolah tersebut, ada lebih dari 2 perusahaan custom furniture di Balikpapan yang ikut tendernya. Alhamdulillah M Interior berhasil mendapatkan pekerjaan ini, seluruhnya ada 17 unit lemari loker dengan ukuran 270 x 150 x 40 cm. Nantinya semua lemari tersebut akan menggantikan sebagian lemari loker disana yang kondisinya memang sudah kurang baik. Model, bentuk dan warna diharapkan bisa semiripmungkin dengan lemari lama yang sudah terpasang disana.

loker-eksisting-sekolah
Lemari baru sebisa mungkin mirip dengan lemari lama
Konstruksi Lemari

Lemari loker ini kami buat dengan plywood 12 & 15mm yang kami lapisi bagian dalamnya dengan melaminto putih KW1 di Balikpapan. kami menggunakan melaminto dengan lapisan putih yang dicor sehingga lebih kuat dan lebih tahan lembab. Ada juga lapisan melaminto yang seperti kertas di tempel, jangan gunakan ini lho.. memang ini lebih murah tapi lapisannya tidak akan tahan lama dan lebih mudah mengelupas.

bahan-loker-lemari-sekolah
Proses Pembuatan Loker Sekolah di Workshop

Btw, jangan gunakan melaminto untuk furniture yang rentan terkena air dan selalu lembab seperti kitchen set.

Pada bagian bawah yang  menjadi alas lemari kami menggunakan kayu bengkirai untuk memperkuat lemari dari percikan dan genangan air. Pintu dan bagian luar lemari loker ini kami lapisi dengan teakwood jati serta kami tambahkan pula profil kayu pada beberapa bagian.

Finishing

Sempat ada wacana menggunakan HPL tapi ini tidak kami rekomendasikan karena lemari loker ini ditempatkan diluar dan langsung terpapar sinar matahari. Kelemahan HPL tidak tahan terhadap cuaca luar ruangan, biasanya warna akan lebih cepat memudar dan cepat mengelupas. Apalagi jika sampai sobek, bagian HPL yang tajam jelas akan sangat berbahaya dan bisa melukai pengguna.

proses-finishing-ducco-melamine
Proses Ducco
membuat-lemari-loker-balikpapan
Viola…. semua lemari loker terpasang

Seperti biasa jika menggunakan teakwood maka kami finishing ducco melamine . Dari dulu sih kami gunakan Impra, gak tau ya kalo sekarang sudah ada merk khusus untuk finishing jenis ini.

Tips

Sedikit tips untuk yang lagi mau buat lemari loker untuk sekolah ;

  • Jika tidak ada keharusan tertentu dari segi ukuran, membeli lemari loker jadi jelas lebih murah. Coba aja googling “lemari loker sekolah” kita akan mendapatkan piihan material lainnya yang lebih baik daripada lemari kayu.
  • Membeli online juga bisa, banyak koq sekarang pilihannya. Buka lapak, tokopedia, dsb..dsb.. pilih laman yang mempunyai nama baik di Indonesia agar pembelian kita pun aman. Kami beberapa kali melakukan pembelian online untuk beberapa alat kerja kami dan ontime sampai dengan selamat di workshop kami.
  • Jika Anda males online, minimal datangi saja Ace Hardware/Informa di kota Anda biasanya mereka pasti menjual lemari loker. Membeli disini kita akan mendapatkan kepuasan dari segi kualitas dan layanan penjualannya. Soal harga, plusminus… kadang lebih murah lho daripada membuat sendiri. Kekurangannya, bahan mebel yang mereka gunakan adalah MDF (bukan plywood) sehingga tidak tahan terhadap beban dan lembab. Lapisan mebel bukan dengan HPL dan Edging tapi dengan sheet/lembaran seperti Decosheet atau Tacohseet.
  • Gak dapat di Ace Hardware/Informa? Cari di toko mebel lainnya di kota Anda 😀
  • Jika memang harus membuat/custom karena keharusan ukuran dan bentuk? Ada lagi nih tips-nya, cek disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.