Pesan Kitchen Set di Balikpapan

6 Tips Untuk Pesan Kitchen Set di Balikpapan

Anda baru saja menempati rumah baru dan mau pesan kitchen set di Balikpapan? Atau butuh layanan desain interior untuk melengkapi kebutuhan furniture rumah lainnya? Mulai dari melengkapi area ruang santai dengan backdrop TV, interior kamar tidur utama dan anak atau kebutuhan desain interior lainnya.

kontraktor-interior-di-balikpapan

Untuk masalah bisnis, jika Anda adalah seorang pengambil keputusan dan akan berencana membuka sebuah kantor cabang di Balikpapan. Tentu Anda pasti butuh kontraktor untuk membuat partisi, pekerjaan kaca, mengisi furniture di semua lantai kantor hingga renovasi minor fisiknya.

Nah, berikut kami berikan tips yang bisa menjadi solusi bagi Anda yang lagi mau pesan kitchen set di Balikpapan atau furniture custom lainnya.

  1. Googling

Selain M Interior, ada banyak rekan yang saat ini sudah memanfaatkan internet untuk mencari pekerjaan. Cari aj di Google dengan kata kunci “pesan kitchen set di Balikpapan, desain interior di Balikpapan, kontraktor interior Balikpapan, atau desain interior kantor di Balikpapan..”

  1. Masuk websitenya

  • Setelah mendapatkan beberapa pilihan lihat isi websitenya untuk mengetahui pengalaman & portofolio pekerjaan. Makin banyak portofolio yang bisa Anda lihat makin baik siapa tau ada yang menyerupai dengan kebutuhan Anda.
  • Dari melihat websitenya Anda pasti sudah punya “feel” mana yang cocok, tentukan paling tidak tiga/empat calon kontraktor
  • Catat alamat workshop/kantor & no kontak yang bisa Anda hubungi
  1. Hubungi

  • Sebaiknya lakukan telepon langsung agar komunikasi lebih cepat. Utarakan bahwa Anda saat ini ingin pesan kitchen set di Balikpapan atau membutuhkan jasa kontraktor desain interior untuk rumah/kantor Anda. Jelaskan secara fair bahwa saat ini Anda sudah memiliki 2 atau 3 calon. Selain menelepon, Anda juga bisa melakukan bentuk komunikasi lainnya seperti email atau WA.
  • Tanyakan patokan harga sebagai seleksi awal. Tiap calon tadi pasti memiliki standar harga, Anda bisa tanyakan dan catat berapa harga per m untuk membuat kitchen set atau mungkin ada opsi-opsi harga yang Anda perlu tahu dari mereka.
  • Tanyakan pula masalah waktu, berapa lama waktu untuk membuat sebuah kitchen set dengan ukuran misal 3 meter.
  • Anda bisa juga melakukan interview diatas dengan langsung mengundang mereka secara bergantian ke rumah/kantor dimana pekerjaan akan dilaksanakan. Persilahkan mereka langsung melakukan pengukuran dan melakukan estimasi cepat sebagai patokan pengambilan keputusan Anda. Kontraktor desain interior yang berpengalaman pasti bisa melakukan estimasi cepat untuk setiap pekerjaan furniture.
  1. Kunjungan

  • Setelah bertemu/menghubungi serta menanyakan beberapa hal pasti Anda sudah memiliki pilihan bukan? Kali ini setidaknya Anda sudah bisa mengkerucutkan pilihan menjadi 2 calon yang bisa Anda kunjungi ke sorum/workshopnya.
  • Mengunjungi workshop ini lebih penting daripada Anda melihat Sorum si kontraktor. Anda dapat melihat kapasitas dan bonafit nya si kontraktor, apakah pekerjaan dikerjakan sendiri atau dilempar lagi ke orang lain. Anda pun dapat bertanya jumlah pekerjanya dan melihat situasi workshopnya, mungkin saja saat itu dia sedang mengerjakan pekerjaan yang bisa kita lihat detail proses dan finishingnya.
  • Setelah itu jika diperlukan baru Anda mengecek sorumnya, kali aja ada contoh bagus disana terkait dengan furniture yang sedang Anda butuhkan. Anda juga bisa melihat finishing akhir tiap produk yang dipajang di sorum.
  • Pengalaman kami waktu mengikuti tender desain interior sebuah kantor, kunjungan bukan hanya ke workshop dan sorum tetapi mereka sampai mengunjungi beberapa kantor yang pernah kami kerjakan untuk melihat bukti langsung pekerjaan kami.
  1. Material & Finishing

  • Saat melakukan kunjungan penting agar Anda dapat melihat jenis-jenis dari plywood yang mereka gunakan, berapa mm ketebalan plywood yang digunakan hingga kualitas plywoodnya.
  • Periksa bagaimana mereka melakukan finishing pada furniture, untuk finishing HPL periksa pada bagian pinggirnya atau pertemuan antar HPL agar tidak ada bagian-bagian yang tajam yang dapat melukai penggunanya.
  • Metode finishing pinggiran yang pertama dengan teknik tusir, yaitu dengan cara di dempul & cat.
  • Metode kedua adalah menggunakan edging yang terbuat dari bahan PVC untuk melapisi bagian bibir pintu/meja atau bagian lainnya yang rentan dengan benturan.
  • Jika sang kontraktor tidak dapat melakukan salah satu dari metode finishing tersebut, sebaiknya Anda harus mencari opsi kontraktor lain. Sangat berbahaya jika semua pinggiran pada furniture kita tidak difinishing dengan salah satu metode diatas. Resikonya jika terkena benturan maka HPL akan pecah atau sudut tajam tersebut bisa melukai apalagi jika kita punya anak bayi dirumah.
  1. Layanan Desain 3D

  • Jika Anda punya banyak pekerjaan interior seperti ingin mengisi seluruh interior rumah dengan desain tertentu. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan konsultan desain khusus secara terpisah untuk merencanakannya, banyak juga koq arsitek di Balikpapan.
  • Setelah desain selesai, Anda bisa meminta si arsitek untuk mengeluarkan gambar kerja sederhana yang dapat Anda bagi-bagikan kepada calon kontraktor Anda. Gambar kerja ini nantinya akan mereka gunakan sebagai dasar untuk melakukan penawaran kepada Anda.
  • Gak mau ribet? Anda juga bisa meminta bantuan kepada kontraktor langsung. Hampir semua kontraktor interior di Balikpapan saat ini pasti sudah memiliki desainer untuk support bisnis mereka. Jadi selain meminta penawaran harga, Anda juga bisa mereka untuk memberikan penawaran desain.
  • Jika Anda meminta penawaran desain dari kontraktor, jangan lupa untuk mengatakan di awal bahwa Anda juga meminta hal yang sama dengan calon kontraktor lainnya.
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *