Merawat Batu Alam

Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Noda atau Kotoran Pada Batu Alam

Elemen batu alam dipercaya sanggup untuk memberi kesan yang alami dan sekaligus mempercantik wajah rumah. Oleh karena itu, banyak orang yang mengaplikasikan material yang satu ini di bagian fasad rumah. Batu alam ini pun tidak hanya memiliki satu jenis saja melainkan memiliki beberapa jenis yang biasa digunakan untuk fasad pada suatu rumah.

Masing-masing jenis tersebut mempunyai karakter tersendiri. Tentunya dengan memiliki fasad dari batu alam, Anda juga harus tahu dan harus tetap merawat batu alam ini supaya penampilannya tetap indah dan tidak merusak pesona fasad rumah.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat batu alam secara mudah di rumah.

1. Bersihkan Secara Rutin dan Berkala

Dinding batu alam dibersihkan minimal 1 bulan sekali. Akan lebih baik lagi bila bisa membersihkannya 2 minggu sekali. Caranya, lap batu alam dengan menggunakan kain halus dan lembut sampai debu terangkat semua. Hal yang perlu diingat adalah jangan memakai deterjen atau bahan kimia karena akan membuat lapisan coating mengelupas.

2. Gunakan Alat Bantu

Jika kotoran agak membandel karena sangat jarang dibersihkan mungkin karena Anda sibuk, maka dapat memakai alat bantu, seperti sikat atau kuas. Caranya adalah dengan menggosok bagian yang kotor secara searah sampai kotoran lenyap. Hati-hati pula dalam memilih sikat atau kuasnya. Pilihlah yang mempunyai bahan lembut.

Adapun tujuan pemberian coating pada batu alam adalah supaya batu alam tidak cepat berlumut. Coating ini diberikan ulang setiap 1 tahun sekali agar batu alam tetap kinclong. Namun, bila dinding batu alam tidak terkena hujan dan panas secara langsung, maka cukup meng-coating ulang 2 – 3 tahun sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.