Ragam Gazebo

Jenis – Jenis Gazebo Yang Sering Digunakan

Gazebo-yang-terletak-di-taman-km-8
Gazebo-yang-terletak-di-taman-km-8

Gazebo adalah bangunan terbuka yang berdiri semi permanen itu salah satunya. Sebenarnya definisi mengenai gazebo ini sangat banyak. Ada yang mengatakan bahawa gazebo adalah sebagai tempat untuk duduk-duduk bersantai dan menikmati keasrian sebuah taman yang menghijau segar dengan aksen bunga-bunga.

Namun, gazebo adalah sebuah bangunan permanen beratap yang memiliki sedikitnya empat sisi dengan ukuran yang sama dan dinding-dindingnya itu tidak berbentuk tembok masif melainkan terbuka. Pada prakteknya, gazebo umumnya memang berbentuk segi empat, tetapi tidak jarang pula berbentuk segi lima, segi enam atau segi delapan. Variasi sebutan lainnya mirip dengan saung dan pavilion mini untuk taman. Gazebo memiliki peran tambahan sebagai tempat alternatif di luar rumah. Adapun beberapa Jenis Gazebo yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

1. Gazebo Natural

Gazebo Natural terbentuk dari bahan kayu atau batu ekspos. Model gazebo ini paling banyak dipilih. Bahan yang digunakan bisa juga dari beton yang dicor dan mendapat finishing menyerupai batang kayu.

2. Gazebo Etnik

Gazebo Etnik biasanya terbuat dari bahan kayu atau bambu. Bentuknya mengadaptasi bangunan etnik tertentu. Misalnya, bentuk joglo dengan ornamen mahkota pada wuwungan / atap dan motif ukiran pada tiang. Jenis ini banyak dijual dalam bentuk siap pasang. Pihak penjual tinggal merakit sesuai model dan ukuran yang diinginkan.

3. Gazebo Country

Gazebo Country Identik dengan penggunaan batu alam atau bata ekspos. Bedanya, jenis ini bergaris tegas. Tiangnya dapat dari kayu dengan finishing natural atau tiang beton dengan finishing batu alam. Walaupun warnanya dominan natural (kayu, terakota), kadang ada sentuhan bahan buatan / artifisial seperti keramik dan besi.

4. Gazebo Modern

Gazebo Modern sudah tidak didominasi warna natural maupun finishing bahan natural seperti kayu dan batu alam. Biasanya menggunakan material bata, beton dan kayu yang dicat. Bentuknya juga sangat beragam dan tidak melulu seperti gazebo yang biasa ditemui.

5. Gazebo Industrial

Gazebo Industrial didominasi bahan metal, besi, dan alumunium yang berwarna logam. Jenis ini memang jarang dijumpai di taman rumah karena lebih cocok untuk tempat umum seperti di perkantoran atau tempat wisata.

6. Gazebo Klasik

Gazebo Klasik biasanya dihiasi dengan tiang berornamen, seperti pilar. Dengan atap lengkung yang anggun dan bernuansa putih sangat cocok apabila disandingkan dengan rumah bergaya klasik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.