Pemanfaatan PVC

Pemanfaatan PVC Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Sifat PVC yang menarik membuatnya cocok untuk berbagai macam penggunaan. PVC tahan secara biologi dan kimia, membuatnya menjadi plastik yang dipilih sebagai bahan pembuat pipa pembuangan dalam rumah tangga dan pipa lainnya di mana korosi menjadi pembatas pipa logam.

Dengan tambahan berbagai bahan anti tekanan dan stabilizer, PVC menjadi bahan yang sangat populer sebaga bingkai jendela dan pintu. Dengan penambahan plasticizer, PVC menjadi cukup elastis untuk digunakan sebagai insulator kabel. Beberapa Kegunaan dan pemanfaatan PVC dalam kehidupan sehari – hari ini diantaranya meliputi :

 Pipa-PVC

1. Pakaian

PVC telah digunakan secara luas pada bahan pakaian, yaitu membuat bahan serupa kulit. PVC lebih murah dari karet, kulit, atau lateks sehingga digunakan secara luas. PVC juga waterproof sehingga dijadikan bahan pembuatan jaket, mantel, dan tas.

2. Kabel Listrik

PVC yang digunakan sebagai insulasi kabel listrik harus memakai plasticizer agar lebih elastis. Namun jika terpapar api, kabel yang tertutup PVC akan menghasilkan asap HCl dan menjadi bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Aplikasi di mana asap adalah bahaya utama (terutama di terowongan), PVC LSOH (low smoke, zero halogen) adalah bahan insulasi yang pada umumnya dipilih.

3. Perpipaan

Setelah produksi resin PVC dunia dijadikan pipa untuk berbagai keperluan perkotaan dan industri. Sifatnya yang ringan, kekuatan tinggi, dan reaktivitas rendah, menjadikannya cocok untuk berbagai keperluan. Pipa PVC juga bisa dicampur dengan berbagai larutan semen atau disatukan dengan pipa HDPE oleh panas,menciptakan sambungan permanen yang tahan kebocoran.

4. Mainan Anak

Dalam keseharian, PVC juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan mainan anak. Mainan anak ini tentunya harus melalui Standart agar tidak menyebabkan keracunan dan juga ramah terhadap kulit anak yang lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. Mainan anak yang sering kita jumpai menggunakan bahan dasar PVC adalah boneka, senapan, gagang sikat gigi, dll. Bahan PVC diproses dan dicampur dengan bahan sedemikian rupa agar menarik minat anak – anak mulai dari warna yang mencolok sampai menggunakan bahan bludru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.