Penghisap Asap Dapur

Tips Memilih Cooker Hood

Kebersihan, keamanan dan kenyamanan merupakan kriteria penting bagi Anda saat memasak di dapur, maka kami sangat menyarankan penggunaan cooker hood atau alat penghisap asap, karena selain memberikan rasa aman saat menghirup udara dan rasa pengap karena panas saat memasak. Cooker hood juga dapat memberikan sentuhan estetika pada interior dapur Anda.

furniture-kitchen-set
Ibu Rida, Sepinggan Pratama

Ada banyak merk dan bentuk dari penghisap asap yang dijual dipasaran. Yang perlu Anda perhatikan
saat membeli alat ini ialah memastikan unit yang Anda beli sesuai dengan ukuran kompor. Umumnya ukuran lebar kompor 90cm. Perhatikan juga jarak antara cooker hood dan kompor sebaiknya setinggi lebih kurang 75cm.

Ada beberapa bentuk penghisap asap yang umum di pasaran:

1 Chimney Style, bentuknya berupa cerobong yang menempel di dinding. Memiliki pipa elastis yang mengarah ke luar ruangan sebagai saluran pembuangan.

2 Canopy, model ini dipasang menyatu dengan bagian bawah lemari gantung yang tepat berada di atas kompor tapi tidak disembunyikan, melainkan dibiarkan terlihat sebagai bagian dekoratif dapur.

3 Fully Integrated. Dirancang menyatu dengan kitchen set, lemari gantung dan terlihat posisinya di belakang panel atau pintu lemari dan dapat disembunyikan jika tidak sedang digunakan.

kitchen-set-warna-putih
Bpk Gultom, Batu Ampar Lestari

Nah, setelah mengetahui bentuk dan tipe masing-masing penghisap asap maka Anda perlu mengetahui cara kerjanya, bukan?
Ada dua cara kerja cooker hood, pertama dengan ekstraksi yakni menghisap asap panas dan membuangnya keluar lewat saluran pembuangan. Saluran pembuangan itu harus terintegrasi dengan ventilasi dinding luar. Dan kedua resirkulasi yaitu menghisap asap kemudian diproses hingga bersih dengan filter khusus dan mengalirkan kembali ke dalam ruangan tersebut. Hal ini tidak membutuhkan ventilasi keluar dinding jadi biaya pemasangan jadi lebih murah. Namun, kekurangan resirkulasi
memerlukan perawatan penggantian filter arangnya secara berkala.

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah seberapa sering Anda beraktivitas di dapur. Karena ini berhubungan dengan perawatan berkala penghisap asap tersebut. Idealnya Anda dapat membersihkan cooker hood sebulan sekali.

eminterior.com beberapa kali mendapat kesempatan untuk merancang kitchen set yang dipadukan dengan penghisap asap. seperti saat pengerjaan Kitchen set Eksklusif  dan Kitchen Set milik Pak Gultom di Batu Ampar beberapa waktu lalu. Silakan hubungi kami untuk membantu Anda dalam memilih dan memasang penghisap asap yang tepat sesuai bentuk kitchen set yang Anda inginkan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.