Talang Hujan

Cara Memasang Talang Hujan Yang Baik dan Benar

Cara-Memasang-Talang
Cara-Memasang-Talang

Talang dan pipa talang vertikal di desain untuk mengalihkan dan membawa air hujan keluar dari fondasi rumah yang bermanfaat membantu memelihara keutuhan konstruksi. Talang membantu mencegah erosi tanah, kerusakan dinding dan kebocoran ruang bawah tanah.

Sangat penting bahwa talang hujan dan pipa talang vertikal diukur, diatur, dan dipasang dengan benar supaya dapat berfungsi dengan baik. Pemasangan talang adalah pekerjaan yang dapat diatasi sendiri oleh banyak pemilik rumah dengan sedikit usaha dan peralatan yang tepat. Adapun beberapa cara untuk memasang talang yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

 

1. Pembelian Bahan Pipa

Hitung dan beli setidaknya total panjang talang yang dibutuhkan dan pipa panjang vertikal dengan jumlah yang tepat beserta pengikat tambahan. Talang hujan harus dipasang pada papan sampai lebar cucuran sepanjang atap dan berakhir di pipa talang vertikal. Jika talang berukuran lebih dari 12,2m maka talang harus diletakkan untuk disetel dari tengah menuju ke arah pipa talang vertikal di setiap ujungnya. Pengikat papan sampai lebar cucuran dipasang di setiap ujung usuk , atau kira-kira setiap 81,3cm.

2. Ukur dan Bidik Garis Tata Letak Menggunakan Penanda Garis (Chalk Line / Kapur)
  • Tentukan titik awal, atau titik tertinggi jalur talang.
  • Tandai titik pada papan sampai lebar cucuran kurang lebih 3,2 cm di bawah sambungan pertemuan antara dinding dan genteng.
  • Temukan titik akhir, atau lokasi pipa talang vertikal jalur talang.
  • Tandai titik akhir bawah papan sampai lebar cucuran saat menghitung kemiringan talang 0,6cm untuk setiap panjang 3m.
  • Gunakan penanda garis di antara dua titik tersebut.
3. Potong Talang Sesuai Ukuran

Gunakan gergaji besi atau gunting genggam pemotong logam besar untuk memotong talang sesuai ukuran yang tepat.

4. Pasang Pengikat Talang

Pengikat bisa dipasang di talang ataupun hanya ditempelkan ke papan permukaan dahulu, tergantung pada jenis talang yang Anda beli. Tinjau rekomendasi pabrikan mengenai jenis talang Anda.

5. Tentukan Lokasi Pembukaan Pipa Talang Vertikal

Gunakan gergaji ukir untuk memotong pembukaan berbentuk segi empat pada tempat yang tepat di talang. Pasang sambungan pipa talang vertikal dan sumbat penutup pada talang menggunakan bahan perapat silikon dan skrup logam pendek. Sumbat penutup harus digunakan pada jalur talang yang terbuka pada ujungnya.

6. Tempelkan talang

Perekat harus ditempelkan pada papan permukaan setiap 61 cm. Gunakan baut skrup besar berbahan baja tahan karat yang cukup panjang untuk menembus papan permukaan minimal 5,1 cm. Pasang pipa talang vertikal pada talang melalui sambungan pipa talang vertikal. Pastikan bahwa ujung pipa talang vertikal yang meruncing menghadap ke bawah dan menuju ke arah yang tepat. Pasang pipa talang vertikal pada talang melalui sambungan pipa talang vertikal. Pastikan bahwa ujung pipa talang vertikal yang meruncing menghadap ke bawah dan menuju ke arah yang tepat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.