Jasa Kontraktor Interior

Jasa Kontraktor Interior Lokal VS Non Lokal, Mana yang Lebih Baik?

kualitas-jasa-kontraktor-interiorKetika Anda membutuhkan jasa kontraktor interior untuk membuat kantor cabang/perwakilan perusahaan di kota lain, pertanyaan seperti judul biasanya akan muncul. Kali ini kami ingin bahas kelebihan dan kekurangan dari kedua jasa tersebut, mudah2an bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mengambil keputusan.

HARGA

Berdasarkan pengalaman kami mengikuti tender, seringkali kami sebagai kontraktor lokal kalah harga dengan kontraktor non lokal yang berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta. Beberapa kontraktor lokal yang kami kenal bahkan apatis dan malas ikut tender jika peserta tender ada yang berasal dari Jakarta.

Mengapa jasa kontraktor interior non lokal bisa menawarkan harga yang lebih murah?

  • Proses pembuatan biasanya mereka lakukan di workshop mereka, sudah pasti harga material utama & aksesorisnya lebih murah disana daripada harga lokal. Kemudian setelah berbentuk ½ jadi mereka akan boyongan dengan menggunakan container dan dibawa ke lokasi pemasangan.
  • Pekerjaan interior kadang menggunakan item material atau aksesoris yang tidak tersedia di lokal. Jika adapun di lokal biasanya harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan Jakarta. Kontraktor lokal mau tidak mau harus import dari Jakarta/Surabaya untuk pengadaan barangnya.
  • Kontraktor non lokal jarang sekali menggunakan teknisi lokal yang memiliki standar upah kerja yang lebih tinggi. Biasanya bukan hanya barang yang mereka bawa saat instalasi teknisi pun seluruhnya mereka bawa ikut serta.
KUALITAS

Bicara kualitas ini relatif, beberapa kali admin mengamati kualitas jasa kontraktor interior non lokal tidak mesti selalu rapi. Seringkali mereka bekerja terburu-buru hanya dikarenakan mengejar waktu penyelesaian proyek.

PENGUASAAN MEDAN

Faktor medan jelas menjadi keunggulan jasa kontraktor interior lokal yang lebih mengetahui seluk beluk kotanya. Bagaimana & dimana mendapatkan material tertentu dengan harga yang murah, tidak semua informasi bisa didapatkan di Google. Belum lagi jika kita butuh teknisi dengan layanan jasa khusus, kontraktor non lokal pasti akan kesulitan mencarinya di lokal. Apalagi jika proyek berada di pedalaman kota tersebut, ini pasti akan sangat merepotkan kontraktor non lokal.

LAYANAN GARANSI

Ini sering dilakukan oleh jasa kontraktor interior non lokal, begitu selesai mengerjakan proyek & serah terima pekerjaan mereka langsung pulang ke kotanya. Beberapa minggu setelah masa garansi akan muncul masalah seperti rembesan/retakan pada dinding, lis gypsum yang jatuh dan lain-lain.

Ini jelas menjadi masalah bagi pemilik pekerjaan yang akhirnya harus mencari kontraktor lain untuk menyelesaikan masalahnya. Beberapa kali M Interior dihubungi untuk masalah seperti ini, baik oleh kontraktor non lokal atau pemilik pekerjaan untuk perbaikan pekerjaan.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *