Lemari Dapur Kering

4 Tips untuk Lemari Dapur Kering Rumah Anda

Hari ini telah kelar terpasang pesanan lemari dapur kering seorang klien di sebuah perumahan di Balikpapan. Saking besarnya rumahnya sampai-sampai dapur pun harus dipisah antara dapur basah dan kering. Kata si klien memang aktivitas dapur di rumah ini cukup intensif sehingga jika digabung akan menyulitkan orang yang menggunakan dapur.

lemari-penyimpanan-peralatan-dapur
Pesanan Lemari Dapur Kering di workshop dan sudah siap dipasang

Apa sih lemari dapur kering dan apa fungsinya? Ini nih yang mau kami bahas di artikel ini sembari posting foto-foto pekerjaan lemari dapur kering yang telah selesai kami kerjakan. Baru-baru ini memang mulai marak kehadiran dua jenis dapur yaitu dapur basah dan kering. Dapur basah biasanya digunakan untuk memasak makanan-makanan berat yang tentunya menggunakan bahan baku mentah. Aktivitas di dapur basah biasanya selalu menyebabkan dapur kotor dan bau.

Anda bisa memisahkan dapur basah dan kering hanya dengan terpisah dinding dan pintu. Dapur basah idealnya berada di area terbuka yang beratap, lengkap dengan meja kosong, kompor & cucian piring. Untuk ukurannya setidaknya cukup untuk aktivitas 2-4 orang pemasak serta memudahkan meletakkan piring dan panci kotor. Saat sedang ada aktivitas memasak dengan asap dan bau yang mengganggu maka cukup dengan menutup pintu maka asap & bau tidak masuk ke dalam rumah.

Dapur kering biasanya berada di dalam rumah, sering dijuluki “dapur cantik” karena juga berfungsi untuk mempercantik interior ruangan rumah Anda. Biasa digunakan untuk menyiapkan makanan ringan dan sarapan, tidak ada aktivitas memasak makan berat disini. Fungsi lainnya adalah sebagai lemari penyimpanan peralatan dapur atau juga lemari display barang Anda. Bahkan seringkali dipadu dengan meja minibar agar Anda bisa ngobrol dengan penghuni keluarga sembari menikmati sarapan.

dapur-basah-dan-kering
Sudah terpasang di rumah klien dan 100% diterima dengan baik

Aktivitas lainnya di lemari dapur kering adalah menghangatkan makanan, membuat minuman segar dan menyimpan bahan makanan kering. Peralatan memasak canggih dan modern bisa Anda letakkan disini seperti kulkas, oven dan mesin pembuat kopi serta televisi untuk menambah kenyamanan saat menggunakan dapur kering.

Berikut sedikit tips terkait dengan lemari dapur kering;

  1. Rencanakan konsep lemari dapur kering

Pada bagian lemari bawah meja dapur akan Anda gunakan sebagai apa, pada lemari gantungnya untuk tempat menyimpan apa. Bagian mana yang diperlukan pintu kaca, dimana Anda meletakkan tabung gas dan sebagainya. Mudahnya, ajak saja perancang interior untuk berdiskusi di rumah untuk memberikan masukan serta melakukan pengukuran.

  1. Tema

Desain dapur sebaiknya mengikuti tema interior rumah Anda, jika konsep rumah klasik maka sebaiknya tema desain dapur kering juga harus klasik. Ini dilakukan agar lemari dapur kering Anda bisa menyatu dengan interior rumah Anda.

  1. Aksesoris

Jangan takut untuk berkreasi, Anda bisa cari referensi di Google ada banyak sekali model dapur dengan aksesoris-aksesoris yang unik. Tentu akan sangat membosankan jika Anda hanya memajang lemari dan meja dapur tanpa ada aksesoris interior lainnya. Anda bisa memasang pigura dengan kalimat-kalimat yang Anda sukai, meletakkan rak gantung di salah satu dinding untuk display mug/foto. Memasang backsplash dengan keramik sisa-sisa dirumah yang berwarna-warni. Berkreasilah agar dapur Anda terlihat lebih fresh dan bersemangat.

  1. Listrik & Lampu

Rencanakan dimana Anda akan memadukan lemari dengan peralatan masak modern Anda, masing-masing peralatan yang menggunakan listrik sebaiknya harus disediakan stop kontak khusus. Hati-hati dengan peralatan listrik dengan daya ribuan watt maka Anda harus mempersiapkannya mulai dari box panel listrik rumah. Jangan lupa pasang lampu selain untuk mempercantik juga pasti akan sangat berguna saat Anda bekerja membuat sarapan atau makanan saat Anda kelaparan di tengah malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.