Lemari Kamar Anak

Lemari Kamar Anak

6 Tips Cara Membuat Lemari Kamar Anak agar Sesuai dengan Keinginan Anak

Beberapa hari yang lalu kami diminta oleh seorang sahabat untuk membuatkan lemari kamar anak minimalis untuk anaknya. Tidak juga terlalu urgent tapi klo bisa lebih cepat selesai lebih baik agar beliau dapat menata kamar anaknya.

Permintaan khususnya adalah wajib ada gambar Dora Emon pada bagian depan lemarinya, untuk detail lainnya diserahkan kepada kami. Alhamdulillah pekerjaan ini selesai tanpa banyak makan waktu, kami gerak cepat dan menyisipkan pembuatan dalam skedul pekerjaan kami.

desain lemari kamar anak
Rencana desain lemari dan proses pemasangan

Nah, sehubungan dengan artikel ini kami ingin sedikit share terkait lemari kamar anak, siapa tau aja berguna dan dapat diaplikasikan jika kebetulan Anda sedang ada kebutuhan untuk membuat lemari kamar anak.

  • Ukuran Lemari

Secara umum, ukuran lemari baju anak sebaiknya mengikuti perkembangan tumbuh kembang anak. Tinggi lemari sebaiknya tidak lebih dari 160-180 cm, beda hal dengan anak yang sudah dewasa tentu boleh saja dibuat lebih dari 180 cm.

  • Libatkan Anak

Jika Anda sudah bisa diajak berkomunikasi, ajak anak berdiskusi mengenai lemari kamarnya sendiri, apa saja keinginannya. Tanyakan mengenai warna, variasi desain yang diinginkan, atau mungkin saja dia ada kebutuhan khusus terkait lemarinya.

  • Kompartemen Dalam Lemari

Bagian-bagian dalam lemari usahakan mudah di jangkau oleh si anak. Untuk gantungan baju, tinggi 140 cm sudah cukup terjangkau. Gantungan baju sebaiknya ada, agar baju sekolah yang sudah disetrika dapat ditempatkan dengan rapi disitu. Siapkan pula satu laci dalam lemari dengan tinggi 60 cm dari lantai agar tepat di pinggang anak saat membukanya.

  • Ambalan/Rak

Minta kepada pembuatnya agar dapat membuat ambalan yang dapat dilepas/pindah dengan pemasangan menggunakan pin. Ini agar memudahkan Anda agar dapat memposisikan ambalan sesuai kebutuhan jika kurang tinggi/rendah.

Pastikan ketebalan ambalan minimal 18mm agar tidak melengkung jika diberi beban yang berat dalam beberapa tahun pemakaian.

  • Desain

Tidak hanya bermain dengan bentuk tetapi Anda juga dapat menempelkan stiker yang disukai anak persis seperti desain lemari kamar anak yang kami buat dalam postingan kali ini. Selain itu Anda juga bisa mengadaptasi desain dari internet, ada banyak sekali desain lemari kamar anak disana.

Gk usah repot, serahkan aja gambar ke tukang untuk diterapkan pada desainnya.

tinggi lemari kamar anak
Lemari kamar anak selesai terpasang
  • Perubahan dan Modifikasi

Jika furniture lemari kamar dibuat custom dengan menggunakan material plywood maka jika si anak sudah besar lemari ini masih dapat Anda gunakan kembali. Material plywood memang jauh lebih kuat dan awet jika dibandingkan dengan material MDF yang bisa dijual ditoko-toko. Anda dapat meminta tukang menambahkan bagian lemari diatasnya, melakukan penyesuaian tinggi gantungan baju dan posisi laci.

Plus, Anda bisa sekaligus melakukan perubahan warna pada desain lemarinya dengan mengganti warna pelapis HPL-nya. Kami beberapa kali melakukan hal ini kepada klien kami selain menghemat biaya juga akan menghemat waktu untuk jadwal pekerjaan kami.

Demikian tips singkat ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.