Pekerjaan Fasad Kantor | Kantor PLN AP2B Sistem Kaltim, Km. 15-Balikpapan

Pekerjaan fasad ini kami dapat dari seorang sahabat yang kebetulan menangani pekerjaan pengecatan fasad kantor ini. Saat itu beliau kesulitan mencari rekanan yang berpengalaman menangani pemasangan ACP di Balikpapan. Hari itu, secara tak sengaja kami bertemu dan esoknya langsung melakukan kunjungan tinjauan dan pengukuran ke lapangan.

pembongkaran-fasad-eksisting
Kondisi fasad gedung sebelum renovasi

Mirip dengan Bankaltimtara, pihak PLN juga melakukan penyesuaian warna gedung dengan SOP mereka saat ini. Rencananya warna merah pada fasad akan diganti dengan warna hijau tosca. Jadi semua ACP merah eksisting harus dibongkar dan tetap menggunakan rangka lama untuk dipasang kembali dengan ACP baru yang berwarna hijau tosca.  

Pembongkaran

Beres urusan administrasi tender dan serba-serbinya, sekitar 1 minggu kemudian kami langsung action di lapangan. Syukurlah saat itu cuaca sangat bersahabat alias musim kemarau sehingga memudahkan kami melakukan penyelesaian pembongkaran fasad eksisting. Seperti dugaan kami, rangka eksisting pasti mengalami korosi sehingga ada beberapa bagian rangka yang rapuh dan harus diganti. Hal ini untungnya sudah kami perhitungkan pula dalam rencana biaya yang kami ajukan.

Bagian yang paling merepotkan dalam urusan pembongkaran fasad ini adalah saat melakukan pembongkaran logo lama. Hampir semua baut yang menempelkan logo tersebut sangat kuat menempel pada dinding. Dan masalah lainnya, ternyata material plat tersebut bukan aluminium yang kami kira (ringan), ternyata benar-benar plat besi 1 mm yang amat berat untuk diturun naikkan. Walhasil, rencana 1 hari untuk menurunkan logo ini menjadi 3 hari lebih. Kemudian logo tersebut kami bawa ke workshop untuk diproses refinishing yaitu dikelupas, cat dasar dan dicat kembali dengan warna yang sama.

pemasangan-ACP-di-Balikpapan
Proses pekerjaan pemasangan fasad baru

Pemasangan

Langkah awal yang kami lakukan setelah pembongkaran adalah melakukan perbaikan rangka eksisting. Melakukan penggantian dan pengelasan bagian-bagian rangka yang rapuh dan berkarat, serta melakukan pengecatan rangka dengan cat besi. Setelahnya, kami melakukan pengecekan dan perbaikan pada talang air eksisting, memastikan talang agar berfungsi dengan baik sebelum kami tutup dengan material fasad baru.

proses-pemasangan-fasad
Done !

Alhamdulillah, proses pemasangan fasad ini berjalan sesuai rencana baik dan sesuai waktu yang kami targetkan. Pada saat serah terima pekerjaan pun berlangsung dengan lancar tanpa ada complain perbaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.