Pagar Besi Berkarat

Tips Agar Pagar Besi Tetap Awet dan Tampak Seperti Baru

Rumah Anda menggunakan pagar yang terbuat dari besi?? Gangguan yang terjadi pada pagar yang terbuat dari besi adalah munculnya karat pada pagar besi yang bersumber dari dua hal, yakni terjadinya reaksi oksidasi dan reaksi kimia. Tiga elemen yang memungkinkan terjadinya reaksi itu adalah air, oksigen, dan garam terlarut.

pagar-rumah-minimalis-modernKalau sudah berkarat, kerusakan yang ditimbulkan bisa bermacam-macam, mulai dari stadium awal ( Rusak Ringan ) hingga ke tingkat yang dapat menghilangkan bahan besi itu sendiri. Pagar besi dengan tingkat kerusakan awal masih bisa diperbaiki, tetapi bila sudah sampai tingkat hilangnya bahan besi.

Jika bahan besi sudah hilang secara otomatis harus dilakukan penggantian. Maka dari itu, sebelum terlanjur rusak, ada baiknya bila Anda melakukan Pencegahan pagar besi berkarat. Berikut Beberapa Tips untuk melakukan perawatan pada apagar besi di rumah Anda agar pagar rumah Anda tidak kehilangan nilai estetikanya, diantaranya :

 Bahan dan Alat yang Dibutuhkan:
  • Cat besi yang mengandung bahan anti karat. Cat ini berfungsi sebagai cat primer sekaligus top      coat atau cat finish .
  • Amplas besi
  • Sikat kawat
  • Kuas ( sesuaikan dengan besarnya besi yang dipakai )
Langkah – Langkah Cegah Pagar Besi Berkarat:
  1. Sikat bagian logam (besi) yang berkarat, kemudian ampelas hingga bagian tersebut benar-benar bersih.
  2. Bila pada permukaan besi masih ada kotoran debu dan minyak, bersihkan dengan kain lap kering.
  3. Sapukan cat besi yang mengandung anti karat. Cat itu menjadi lapisan cat primer sekaligus top coat atau cat finish. Selain itu, cat tersebut juga tahan cuaca dan tersedia dalam berbagai pilihan warna dekoratif yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Jika tidak menggunakan cat jenis tersebut, Anda juga bisa mengaplikasikan cat dasar (cat meni) terlebih dahulu. Tunggulah sampai satu hari, setelah itu baru aplikasikan cat finish. Pagar besi di rumah akan terlihat berkilap lagi seperti baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.