6 Tips Membuat Kitchen Set Idaman

Tentunya setiap rumah memiliki dapur, namun belum tentu sebuah dapur memiliki kitchen set terlebih lagi kitchen set idaman para istri modern masa kini. Nah, dalam menentukan Pilihan Kitchen Set Dapur Idaman tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan. Dapur bagi sebuah keluarga merupakan ruang yang sangat penting. Sebab dapur menjadi medium bagi seorang ibu untuk menyajikan olahan terbaik untuk setiap anggota keluarganya.

Bu Tamrin, Sepinggan
Bu Tamrin, Sepinggan

Mengingat dapur berfungsi penting, ruang ini tak boleh diabaikan oleh para pecinta keindahan rumah. Nah, apakah dapur di rumah Anda belum dilengkapi kitchen set? Dan kini Anda ingin menghadirkan kitchen set di dapur? Ada beberapa hal yang layak disimak untuk memilih kitchen set. Yakni beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bahan Dasar Kitchen Set

Ingatlah bahwa bahan dasar kitchen set berhubungan dengan ketahanan ataupun tingkat kesulitan perawatan. Bahan kayu olahan multipleks yang di-finishing dengan menggunakan melamik ataupun cat duco, cukup bagus. Kitchen set berbahan dasar tersebut kuat dan murah. Adapun beberapa bahan dasar lain adalah kayu solid seperti kayu jati, tacon, dan tripleks.

2. Tingkat Kerapian Kitchen Set

Bila Anda menyambangi ruang pamer produsen kitchen set, perhatikan tingkat kerapian finishing produk yang ditawarkan. Rapikah kerapian pemotongan kayu dan kacanya juga rapikah pemasangan engsel untuk disetiap komponen lemari yang ada di kitchen set itu. Bila rapi, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke produk tersebut.

3. Desain kitchen Set Harus Sesuai Selera

Kalau Anda menggemari desain modern minimalis lantas kepincut berat dengan kitchen set bergaya desain serupa nan rapi, ya jangan ragu untuk memilih desain tersebut. Pilihan warna untuk finishing bahkan bentuk dari kitchen set itu pun harus sesuai dengan selera anda agar dikemudian tidak terjadi rasa kekecewaan setelah kitchen set terpasang di dapur anda.

4. Kitchen Set Harus Sesuai Dengan Luas Dapur

Bila dapur Anda tidak terlalu luas, gunakan kitchen set dengan desain simpel. Maka akan menghasilkan kesan lebih luas. Setelah kitchen set hadir di dapur Anda, perhatikan pula cara merawat dan menggunakan yang tepat. Antara lain, jagalah kebersihan dapur. Bersihkan kitchen set dari sisa makanan atau bahan lain yang dapat memancing kehadiran tamu yang tak diundang seperti tikus dan kecoa. Jangan biarkan dapur Anda lembab sehingga jamur dengan senang hati akan bersarang dan menghinggapi kitchen set anda. Selanjutnya, jaga kitchen set dari goresan benda dapur yang tajam seperti pisau.

5. Pemasangan Kitchen Set yang Kuat

Pemasangan kitchen cabinet harus cukup kuat untuk menyangga barang yang disimpannya. Kebanyakan kitchen set minimalis dipasang dengan merapat ke dinding dengan bagian atas (overhead) yang menggantung di dinding tersebut. Periksa dengan seksama kekuatan pemasangan kitchen set bagian atas tersebut, jangan sampai karena tidak diperiksa kekuatan pemasangan kitchen setnya malah akan jatuh dan mencederai anggota keluarga yang sedang berada di dapur.

6. Lengkapi Alat Penghisap Asap ( Cooker Hood )

Dapur kecil dengan luas yang terbatas udaranya lebih mudah panas dan pengap. Alat penghisap asap akan sangat berguna untuk mempertahankan kesegaran udara di dapur yaitu dengan membuang udara panas dan pengap ke luar ruangan. Sesuaikan bentuk dan model cooker hood dengan desain kitchen set secara keseluruhan. Jangan sampai anda salah pilih membeli penghisap asap ini hanya karena harganya yang murah / diskon. Oleh karena itu sebaiknya cek dengan seksama sebelum membelinya. Penghisap asap ini sangat dibutuhkan terutama pada rumah / apartement yang dapurnya tidak memiliki ventilasi yang cukup / jendela.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.