2 Pilihan Bahan Untuk Finishing Kitchen Set

Dengan perkembangan teknologi finishing furniture konsumen sekarang dihadapkan pada banyak pilihan. Diantaranya banyak pilihan itu adalah antara finishing kitchen set duco atau menggunakan lapisan HPL. Berbagai finishing yang paling umum di produksi kitchen set adalah finishing melamine, finishing duco dan finishing HPL. Ada beberapa keuntungan dan kerugian dalam penggunaan berbagai ragam finishing tersebut.

interior-dapur-sederhana
Kitchen Set dengan Finishing HPL
1. Finishing Kitchen Set Duco

Kitchen set duco adalah kitchen set yang menggunakan finishing berupa cat minyak. Proses pemberian cat duco ini dimulai dari proses pengisian filler untuk menutup pori-pori kayu. Pendempulan dengan dempul berbahan plastik composi. Setelah proses pendempulan dilakukanselanjutnya adalah proses Sanding atau pengamplasan.

Setelah pengamplasan kemudian dilakukan pengecatan dengan cat minyak, ada berbagai macam merk dan kualitas tergatung hasil yang diinginkan seperti apa. Selesai pengecatan biasanya dievaluasi lagi tentang kualitas dan kerataannya. Jika masih ada yang kurang sesuai akan di filler lagi dan digosok lalu di cat kembali.

Pada tahap akhir, Kitcen set duco biasanya akan diberi coating / lapisan terakhir agar tampil gloss / mengkilat atau doff. Pemberian clear selain menampilkan kesan mewah juga untuk melindungi lapisan cat. Ada berbagai merk yang beredar di pasaran, ada yang anti gores maupun yang biasa.

2. Finishing Kitchen Set HPL (High Pressure Laminate)

Bahan pelapis yang saat ini sangat sering digunakan adalah bahan pelapis dari komposit plastik, seperti vinyl dan HPL. Penggunaan HPL dirasa bisa mempercepat kerja karena tinggal di tempel dan hasil finishingnya merata tidak seperti penggunaan cat.

HPL sebagai bahan pelapis mempunyai beragam pilihan motif. Mulai dari motif kayu sampai motif logam. Penggunaan HPL ditempelkan dengan lem yang khusus didesain untuk merekatkan HPL. Penempelan HPL harus teliti dan hati-hati karena jika tidak teliti akan muncul gelembung-gelembung udara di dalamnya. Untuk harga HPL sendiri bervariasi mulai dari harga yang terjangkau sampai yang mahal tergantung pada motif yang ada pada HPL itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.