Fungsi Konsultan Interior

Lama gk nge-post, lg pas ada waktu senggang. Nah, kali ini sy pengen ngemukakan masalah peranan dan fungsi konsultan interior utk membangun interior rumah/kantor Anda.

Menurut Wikipedia, konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasihat ahli dalam bidang keahliannya, perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli ‘biasa’ adalah sang konsultan bukan merupakan karyawan di perusahaan sang klien, melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah firma konsultasi, serta berurusan dengan berbagai klien dalam satu waktu.

Bedanya dengan arsitek, output pekerjaan arsitek adalah denah, gbr potongan, electical, sanitasi, dan detail lainnya. Sedangkan seorang konsultan interior lebih cenderung ke arah estetikanya hingga memberikan gambar kerja kepada tukang. Outputnya adalah gambar 3D yg bisa menjelaskan ttg tata letak, warna, ukuran, spesifikasi material, tampak samping objek, dsb.

Jadi apa aja sih fungsi seorang konsultan interior?

Menentukan konsep

Membantu menjawab pertanyaan mengenai bagaimana interior yang anda inginkan? Apa saja yg anda inginkan? Spt apa kesan hasil akhir nanti? Atau bisa klik disini untuk contoh lainnya.

konsep-interior
Inilah konsep, sebuah kesan yang diinginkan

Membuat Gambar 3D

Setelah ada konsep, konsultan akan menuangkannya ke GAMBAR KERJA 3D yg bisa Anda mengerti dan juga dimengerti oleh tukang. Mereka akan mengatur penempatan semua objek dalam interior Anda sesuai dengan ruang yang ada.

denah-3d-interior
Gambar Denah 3D
arsitektur-interior
Gambar Kerja per Objek + Keterangan Spesifikasi

Menjaga Hasil Akhir

Semua gambar 3D dapat dipergunakan langsung sebagai gambar kerja detail per objek bagi tukang. Sangat penting untuk memberikan catatan detail pada tukang, ukuran, tampak samping, material, finishing, dsb. Seringkali hanya gara2 gambar kerja yang tidak jelas, akhirnya hasilnya kurang sempurna dan kadang bermasalah.

Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Setelah gambar dan spesifikasi disepakati, konsultan juga dapat langsung memberikan hitungan minimal yang masuk akal untuk kebutuhan Anda. RAB inilah yang dapat digunakan sebagai standar minimal tentang harga untuk mencari tukang/pemborong yang tepat untuk pekerjaan interior Anda.

Kesimpulannya, mengerjakan sebuah pembangunan memang tidak bisa dikerjakan sendiri. Harus kerja sebuah tim yg baik. Antara PEMILIK, KONSULTAN, PEMBORONG & TUKANG.

Bagaimana menurut kalian? Ada yang punya solusi lain?

Satu tanggapan pada “Fungsi Konsultan Interior

  1. sutarto Balas

    saya pengrajin ukir dari logam tembaga Kuningan alumunium dan besi
    kalau ada kerjaan misalnya lampu gantung hiasan dinding logo dan lain,nya siap mengerjakan
    WA saya 082137782432

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.