Memperbaiki Karpet Talang

Cara Memperbaiki Talang Karpet yang Rusak Dengan Mudah

Talang karpet adalah saluran air di atap yang menggunakan atau ditutup dengan alas karpet plastik. Saat terjadi kerusakan,  tidak harus mencopot yang lama. Perbaikan talang karpet dapat dilakukan dengan menimpakan karpet baru atau sekadar menambal yang berlubang. Ada beberapa penyebab talang karpet di rumah Anda rusak. Bisa terjadi karena lapuk, digerogoti tikus, atau permukaan dasar karpet tajam dan kotor. Jika talang karpet rusak, sebaiknya segera diperbaiki. Kalau tidak, air tidak hanya merembes ke dalam rumah dan merusak elemen bangunan dibawahnya, tapi juga bisa menetes bahkan mengucur ke dalam ruangan. Langkah awal kita harus mencari bagian karpet yang telah rusak, biasanya disebabkan oleh usia. Karpet talang rata –  rata lapuk pada tahun ke 5 pemasangan. Ini karena perubahan cuaca, dari panas ke dingin atau sebaliknya yang berlangsung terus menerus. Akibatnya karpet mengeras,  rapuh, dan lapuk.

Memperbaiki-Karpet-Talang

Faktor penyebab lainnya adalah karena gigitan tikus dan proses pemasangan awal yang tidak sempurna. Keduanya berpotensi membuat karpet rusak dan berlubang. Gigitan tikus meninggalkan bekas yang nyata. Lain halnya dengan proses pemasangan yang tidak sempurna. Kotoran berupa serpihan kayu, atau tonjolan paku pada rangka penyangga talang bisa melubangi karpet jika talang terinjak.

Adapun cara memperbaiki Karpet Talang yang rusak adalah sebagai berikut :

  1. Buka setiap susunan genteng yang berhimpit langsung dengan talang.
  2. Lepas seluruh paku atau pengikat karpet. Lalu angkat karpet lama.
  3. Bersihkan karpet sambil mengamati apakah ada titik titik kebocoran pada karpet. Jika jumlah titik terlalu banyak, maka sebaiknya ganti karpet dengan yang baru.
  4. Bersihkan rangka kayu talang, periksa apakah terdapat keropos atau benda tajam. Jika ada rangka yang keropos, segera perbaiki. Bersihkan benda tajam, tonjolan paku atau kotoran pada rangka.
  5. Pasang kembali karpet talang. Rekatkan karpet ke rangka pembentuknya. Gunakan paku dan semen jika perlu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.