Pilihan Genteng

Pilihan Genteng untuk Pembangunan Rumah

 

genteng-keramik
Pilihan penteng yang tepat akan menentukan kenyamanan penghuninya

Banyak hal yang harus anda pikirkan saat akan membangun rumah. Salah satunya adalah pilihan genteng yang tepat untuk atap rumah Anda. Hal Ini tentu akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat menempati rumah yang telah selesai Anda bangun.

Saat membangun rumah Anda harus memiliki perencanaan dan persiapan yang matang sehingga semua berjalan dengan lancar dan on budget. Seringkali pembangunan rumah mandeg karena berbagai macam alasan salah satunya adalah biaya yang overbudget.

Berikut beberapa pilihan genteng yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, manfaatnya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda;

  1. Genteng tanah liat

Genteng tanah liat ini lebih banyak digunakan selain karena harga yang relatif terjangkau dan bisa didapatkan dengan mudah, genteng tanah liat ini juga cukup tahan lama & kuat. Ciri-ciri genteng tanah liat ini tidak terlalu menghantarkan panas sehingga bisa tetap membuat ruangan tetap sejuk. Namun jika genteng tanah liat ini tidak dilapisi dengan cat maka akan mudah berjamur dan berlumut.

  1. Genteng keramik

Genteng keramik hampir sama dengan genteng tanah liat. Materialnya tidak menghantarkan panas sehingga bisa menjaga suhu ruangan ketika diluar panas maupun dingin. Keunggulannya genteng keramik ini tidak mudah berjamur dan berlumut. Bobotnya lebih berat daripada genteng tanah liat untuk itu dibutuhkan rangka atap yang kuat. Selain itu saat pemasangannya sangat dibutuhan ekstra ketelitian agar tidak rawan bocor.

  1. Genteng beton

Daya tahan genteng beton ini bisa dikatakan lebih kuat daripada genteng keramik dan genteng tanah liat, dan juga sifat genteng beton ini adalah memantulkan panas sehingga suhu di dalam ruangan tetap sejuk walau di luar sangat panas. Namun seperti halnya genteng keramik, genteng beton ini lebih berat lagi daripada genteng keramik sehingga untuk rangka benar-benar dibutuhkan yang kuat. Selain itu walaupun tahan lama genteng beton ini membutuhkan perawatan secara berala untuk mencegah bocor.

  1. Genteng logam

Genteng logam ini merupakan genteng yang tahan lam, karena tidak bisa pecah dan anti jamur dan rayap, terlebih lagi harganya terbilang cukup murah. Selain itu genteng logam ini juga memiliki bobot yang sangat ringan dan juga mudah dalam pemasangannya. Namun genteng logam ini memiliki kekurangan yaitu membuat suhu ruangan menjadi panas jika di luar suhu sedang panas, karena memang logam merupakan salah satu bahan penghantar panas. Kemudian saat hujanpun jika menggunakan genteng logam akan menjadi bising.

  1. Genteng asbes

Genteng asbes ini merupakan pilihan genteng dengan harga murah dan kemudian bentuknya simple dan mudah saat pemasangan, walau harus berhati-hati saat pemasangan karena daya tahan terhadap tekanannya tidak sebesar genteng lainnya. Namun dengan menggunakan genteng asbes jika suhu ruangan di luar sedang panas maka suhu ruangan ikut menghangat, walau tidak sepanas jika menggunakan genteng logam.


Nah, Itu adalah pilihan genteng untuk anda yang ingin membangun rumah. Sangat beragam, begitu juga dengan harga genteng itu sendiri. Anda bisa menyesuaikan dengan budget anda, walau mungkin harga genteng murah namun jika tidak tahan lama mungkin pengeluarannya juga akan sama saja. Namun genteng yang mahal sekalipun jika tidak dipasang dengan tepat pastinya akan cepat rusak atau mungkin menyebabkan kebocoran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.