Plafon Kantor

Pemasangan Plafon Kantor PT. Agro Harapan Lestari – Sepaku

Pekerjaan kali ini kami dapat dari sebuah perusahaan sawit yang cukup besar di daerah Penajam, tepatnya di daerah Sepaku. Saat ini mereka sedang menyelesaikan pembangunan kantor utamanya dan membutuhkan tim untuk membantu menyelesaikan pekerjaan pemasangan plafon. Mereka mengetahui kami melalui www.eminterior.com dan beberapa hari kemudian kami langsung melakukan pengecekan lokasi.

Proses pemasangan plafon
Proses pemasangan plafon

Saat di lokasi ada sebuah pertanyaan yang menarik mengenai pekerjaan plafon interior kantor. Apa perbedaan antara menggunakan material kayu dan metal? Ya, kami memang sudah lama sekali meninggalkan material kayu utk digunakan sebagai material rangka gypsum.

Plafon kelar
Plafon kelar
  1. Plafon yang menggunakan material kayu
  • Minimnya ketersediaan kayu membuat kualitas kayu semakin menurun, kayu sekarang sudah tidak lagi lurus dan seringkali ditemukan kayu yang masih basah sehingga saat digunakan beberapa hari kemudian kayu akan berubah.
  • Harga kayu yang mahal dan ukurannya yang sudah tidak sesuai namanya lagi, kayu yang dulu namanya 5/7 sekarang kalau diukur menjadi 3,5/5,5. Harga kayu perbatang utk 5/7 sekitar Rp 30.000 s.d 35.000,-/batang tergantung kualitasnya. Saat membelinya pun kita harus ikut memilih agar bisa mendapatkan kayu yang lurus. Repotnya lagi kalau berurusan dengan kios kayu yang nakal, setelah memilih kayu yang lurus kemudian saat dikirim ke lokasi kayunya berbeda dengan yang kita pilih saat di kios.
  • Pekerjaan lebih lambat dan berat, tukang harus memilih dan melihat permukaan kayu yang lurus. Pemasangannya pun masih menggunakan tenaga ekstra untuk mengangkat kayu ke atas dan memakunya. Kalau sudah begini pasti tukang meminta ongkos yang lebih mahal.
  • Tidak tahan lama, rentan dengan rayap dan kelembaban.
  • Saat bekerja di atas plafon seperti untuk instalasi listrik, rangka kayu memungkinkan untuk diinjak.
  1. Plafon yang menggunakan material metal
  • Ketersediaannya mudah sekali didapatkan di toko-toko bangunan. Semua sudah pasti lurus dan tidak akan berubah meski sudah terpasang bertahun-tahun.
  • Harganya yang jauh lebih murah daripada kayu, Rp 18.000 s.d 22.000/batang untuk ukuran 2/4 di Balikpapan dan saat pembelian kita tidak perlu khawatir karena semua sudah pasti lurus.
  • Pekerjaan lebih cepat karena materialnya ringan, memotongnya pun bisa menggunakan gunting atau grinda potong. Pemasangan lebih cepat dan tidak banyak menggunakan tenaga karena menggunakan bor dan skrup.
  • Lebih tahan lama dibandingkan kayu serta tahan terhadap rayap dan kelembaban.
  • Rangka metal tidak memungkinkan untuk diinjak, oleh karena itu instalasi listrik sebaiknya dilakukan setelah rangka terpasang dan sebelum papan gypsum dipasang.

Nah, itu sedikit penjelasan mengenai perbedaan rangka plafon. Tadinya mereka menginginkan menggunakan rangka kayu tetapi setelah mendapat penjelasan ini baru mereka mau menggunakan rangka metal untuk plafonnya. Kurang lebih 1 bulan kami melakukan pemasangan plafon lengkap dengan dropceilling plafonnya beserta tambahan pekerjaan partisi kantornya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.