Tips Bahan Plafon

4 Jenis Bahan Yang Tepat Untuk Pemasangan Plafon

Kesempurnaan sebuah bangunan dikatakan lengkap apabila bangunan tersebut sudah memiliki langit – langit atau banyak dikenal dengan plafon. Plafon sendiri selain berfungsi sebagai penutup rangka atap atau struktur bangunan, atap juga berfungsi sebagai peredam panas serta dapat menambah estetika ruangan yang ada.

Contoh-Plafon-Untuk-Ruangan- Rumah-Atau-Kantor
Contoh-Plafon-Untuk-Ruangan- Rumah-Maupun-Kantor

Pemilihan plafon yang tepat, tentunya akan membuat interior langit-langit rumah menjadi lebih indah dan terlihat rapi. Meskipun plafon tergolong simple dan banyak dijual di pasaran, namun kita juga harus berhati-hati dalam memilih plafon untuk rumah / kantor kita sendiri.

Berikut beberapa jenis plafon yang perlu kita ketahui sebelum memilih plafon rumah/kantor:

  1. Bahan Plafon Gypsum

Mengapa menggunakan Plafon berbahan Gypsum karena bahan ini sudah sangat umum bahkan sering dijumpai di toko – toko bangunan dengan harga yang murah dan juga sangat bervariatif tergantung dari ketebalan dan mereknya. Namun terdapat kelemahan pada Plafon Gypsum ini karena tidak tahan terhadap air, mudah timbul noda hitam dan bahkan bisa cepat hancur bila terlalu sering terkena air.

  1. Bahan Triplek

Bahan Triplek merupakan Bahan yang harganya relatif murah dengan berbagai macam ketebalan. Pemasangan juga lebih mudah tidak perlu ahli khusus. Kelemahan dari pembuatan Plafon berbahan triplek ini mudah hancur apabila terkena air dan atau dimakan rayap. Biasanya agar lebih terlihat indah atau menarik maka perlu dilakukan Pengecatan dengan Cat Kayu atau wallpaper sebagai finishingnya.

  1. Bahan Fiber Semen

Bahan Fiber Semen adalah perpaduan Gypsum dengan triplek dimana mempunyai kelebihan dan kekurangan yang sama. Dari segi harga Fiber Semen sedikit lebih murah dari Gypsum. Keuntungan bahan ini adalah cenderung lebih keras dan lebih berat sehingga harus hati-hati sewaktu memotong dan kekurangannya adalah karena sangat mudah retak dan hancur.

  1. Bahan PVC

Bahan PVC adalah Bahan yang terbuat dari Plastik Poly Vinyl Chloride. Kebanyakan Bahan PVC ini digunakan sebagai bahan bangunan. PVC tahan lama, dan mudah dirangkai. Selain itu jika digunakan sebahan bahan untuk Plafon, PVC ini tahan terhadap air dan rayap, sehingga dapat di aplikasikan di area indoor ataupun outdoor. Teknik pemasangannya pun mudah yaitu dengan sistem knockdown. Plafon PVC pada umumnya sudah dengan warna dan motif sehingga tidak perlu tambahan pekerjaan dan biaya cat sebagai finishing. Namun harga memang lebih mahal dibandingkan dengan bahan Gypsum, Triplek dan fiber semen karena kualitasnya yang jauh lebih bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.