Bisnis Interior

Serunya Bisnis Desain Interior di Balikpapan

konsultan-interior-balikpapan
“M” Interior

5 tahun yang lalu bisnis kami sebelumnya adalah bisnis sablon dan advertising, sempat lama kami menjalani bisnis ini hingga akhirnya stagnan dan colaps pada tahun 2009. Gara-garanya pada tahun tersebut kami nekad mengerjakan proyek desain interior, karena waktu itu tidak punya pengalaman sama sekali akhirnya merugi dalam jumlah besar dan bangkrut. Dendam dengan pengalaman itu, akhirnya kami putuskan untuk terjun 100% dalam bisnis desain interior.

Awalnya, setelah mencari-cari cukup lama, bertemulah kami dengan sebuah software desain interior yang cocok untuk kami yaitu Sketchup. Berbekal sebuah CD software tutorial/ebook desain interior kami belajar lebih dulu cara bagaimana menggambar desain interior untuk ditawarkan kepada klien. Kurang lebih beberapa minggu setelah nonstop utak-atik software ini, kami pun mulai belajar membuat RAB dengan tanya sana-sini teman-saudara cara membuat RAB yang benar. Setelah itu lahirlah eminterior.com, dan website ini lah yang hingga hari ini Alhamdulillah ternyata sangat membantu bisnis kami dikenal oleh masyarakat.

Nah, ternyata bisnis memang jodoh-jodohan. Malah sekarang bekas karyawan kami dulu sukses sekali dalam bisnis advertising saat ini. Klo boleh share, ada sedikit perbedaan antara bisnis desain interior dengan bisnis sablon dan advertising, yaitu

  • Memiliki kompleksitas yang berbeda, 1 proyek desain interior nilainya seringkali sama dengan mengerjakan 100 order pekerjaan advertising. 1 proyek = 1 klien+konsentrasi , 100 order = 100 klien+konsentrasi, intinya kita bisa lebih fokus dalam bisnis
  • Mencari proyek interior lebih sulit daripada mencari pekerjaan advertising (tapi klo sudah ketemu jalannya dan dikenal, insyaALLAH lebih mudah)
  • Proses untuk mendapatkan proyek interior lebih panjang, rumit dan berliku tetapi kami anggap ini sebagai tantangan, memancing ikan besar memang harus lebih sabar. Kadang pengorbanannya juga besar, seringkali sebuah proyek gagal kami dapatkan, padahal sudah capek-capek (kadang juga keluar uang) untuk melakukan pengukuran dan membuat penawaran desain + RAB.
  • Persaingan bisnis interior design di Balikpapan relatif masih longgar dibandingkan persaingan dalam bisnis advertising yang saat ini cukup ketat. Apalagi Balikpapan bisa dibilang kota yang sedang berkembang, terbukti Alhamdulillah hingga hari ini tetap saja ada proyek interior untuk menghidupi keluarga kami dari M Interior.

Us – Today

Hingga hari ini, M Interior bertekad terus mengembangkan bisnis interior salah satunya yang sudah kami jalani adalah konsultan interior karena masih sangat sedikit konsultan yang bergerak khusus di bidang interior di Balikpapan dan Kaltim. Bisnis konsultan interior di Balikpapan memang masih bagus. Seringkali begitu ada klien yang melibatkan kami sebagai konsultan, setelah selesai pekerjaan konsultan kami dilibatkan kembali sebagai kontraktor interiornya. Klo sudah begitu semua biaya layanan konsultan kami gratiskan semua sebagai sebuah service dari kami.

Selain itu visi kami lainnya di tahun 2013 ini adalah membuat showroom online yang menjual produk-produk interior rumah dengan berbahan dasar limbah, semata-mata hanya ingin menyediakan produk murah bagi masyarakat agar dapat melengkapi rumahnya dengan aksesoris interior murah yang minimalis, seperti hiasan dinding, tempat koran, meja kecil, dsb.

Yah, mohon doanya dari semua agar M Interior bisa tetap eksis bertahun-tahun ke depan… Aamiiiin

2 tanggapan pada “Bisnis Interior

  1. atmon Balas

    Salam kenal m.interior.
    Kami mengajak bapak untuk saling bekerja sama tuk memasarkan office sytem furniture.
    Yg mana barang yg kami tawarkan berupa penyrkat ruangan untuk office yg lebih dikenal dengan workstation.
    Jika bapak berkenan isa menghubung
    i kami di no.021.7358167.dan 081281174860
    Demikain perkenalan ini semiga usaha bapak tambah maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.