Cegah Tempias Hujan

Tips Untuk Mencegah Cipratan / Tampiasan Air Hujan Dari Atap Tetangga

Selain kualitas atap yang buruk, letak rumah yang terlalu berdekatan juga dapat menimbulkan masalah dengan tetangga sebelah rumah saat musim hujan. Bila atap tetangga lebih tinggi dari atap rumah kita, maka air akan mengalir ke atap rumah. Masalah ini akan semakin parah bila talang atap di rumah kita berukuran terlampau kecil sehingga air meluap dan masuk ke rumah melalui celah atap. Tembok rumah yang hampir berdekatan dengan tembok tetangga dan hanya menyisakan rongga beberapa sentimeter saja juga dapat mengakibatkan kebocoran. Bila air yang memasuki celah tersebut terlalu deras,  maka akan memberi tekanan berlebihan pada tembok sehingga membuat air merembes ke dalam. Terlebih lagi jika bagian bawah celah tersebut bukanlah tanah yang dapat menyerap air.

cara-memilih-genteng
Cegah-tempias-hujan

 Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah air hujan dari atap tetangga ini masuk ke dalam rumah, di antaranya adalah sebagai berikut.

1.Mengadakan Persetujuan dengan Tetangga

Cara yang pertama adalah melakukan musyawarah dengan tetangga untuk membangun dinding pembatas yang memisahkan antara atap rumah kita dengan atap rumah tetangga. Pastikan supaya tetap ada sisa ruang untuk memasang talang yang lebih besar.

2.Mengaplikasikan Waterproofing

Sesudah dinding dibangun, aplikasikan pelapis waterproofing di kedua sisi supaya benturan air tidak merembes. Tetapi, berhati-hatilah karena air yang mengalir pada dinding dapat terciprat atau terpantul ke arah atap. Bila hal itu terjadi, pastikan genting berada pada posisi terbaiknya.

3.Menggunakan Talang Berukuran Lebih Besar

Pastikan lebar overlap atau penumpukan antara bibir genting dengan bibir talang mencukupi dan tidak berjarak supaya air tidak masuk. Pastikan jurai talang mengarah langsung ke tanah. Aplikasikan pula pelapis waterproofing pada talang supaya semakin tahan air. Gunakan jenis talang yang tahan pada air tergenang.

4.Sesuaikan Ukuran Talang dengan Muatan Air

Pastikan ukuran talang pada atap tetangga sesuai dengan muatan air pada musim hujan supaya tidak meluap dan turun ke talang rumah kita.

5.Mengaplikasikan Cat Epoksi Khusus Besi

Bila tembok memang terlalu berdekatan dan air dari atap masuk ke dalamnya, kita bisa mengaplikasikan cat epoksi khusus besi di dinding bagian dalam rumah. Tetapi, bau cat ini agak menyengat selama beberapa hari dan warnanya cenderung glossy.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.