Interior Studio

Desain Interior Studio TVRI Bulungan, Kaltara

Berkat rekomendasi seorang sahabat kami akhirnya mendapat kesempatan mengunjungi kembali Kaltara untuk mengerjakan interior studio TV yaitu TVRI Tanjung Selor, Bulungan. Pekerjaan ini diberikan oleh Kantor Humas Kabupaten Tanjung Selor dengan lokasi studio di dalam area Kantor Bupati.

Perjalanan menuju lokasi ini ditempuh melalui pesawat via Balikpapan-Tarakan dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Speedboat menuju Tanjung Selor. Sedangkan material dan peralatan kerja PP melalui darat selama 3 hari dengan menggunakan truk.

Rencana desainnya
Rencana desainnya

Adapun skup pekerjaan proyek kali ini adalah pekerjaan partisi dan finishing, pekerjaan electrical dan pengadaan TV-AC serta pekerjaan furniture dan kelengkapannya. Setelah beberapa kali revisi desain mulailah kami bekerja.

Khusus untuk pekerjaan luar kota, kami harus membuat semua pekerjaan menjadi barang ½ jadi. Semua plywood dan HPL dipotong-potongi sesuai ukuran untuk memastikan tidak ada kekurangan material saat dilokasi, klo kekurangan material ini terjadi pasti akan sangat merepotkan tim kami disana.

Proses pembuatan mebel2nya
Proses pembuatan mebel2nya

 

Proses Kerja di Lokasi

Bagian yang merepotkan pada project ini adalah membuat partisi studio tv standar sebagai partisi peredam suara saat studio beroperasi menyiarkan berita. Sangat disayangkan, pemesan sama sekali tidak memiliki data/cara pembuatannya. Setelah tanya sana-sini, browsing dan googling… akhirnya ketemu juga metode pembuatan partisinya. Teknisnya, lapisannya dari depan yaitu plywood 12 mm KW 1 (dibolong-bolongi sebesar 6 mm dengan jarak per 7 cm, untuk seluruh dindingnya!) kemudian lapisan dalamnya dilapisi menggunakan busa/spon 5 cm dan glasswool 2 lapis.

Terakhir plywood 12 mm bolong-bolong itu dipasang pada bagian belakangnya. Rangka menggunakan rangka metal dan semua dinding plywood tersebut harus dilapisi minimal oleh cat tembok (atau busa finishing kain jok/bekleed, jika budget memungkinkan). Finishing tidak boleh menggunakan HPL karena permukaan HPL akan memantulkan suara. Hufh.. pekerjaan membolong-bolongi plywood ini lah yang sangat memakan waktu diworkshop kami.

Proses pembuatan partisi peredamnya
Proses pembuatan partisi peredamnya
Partisi kelar!!!
Partisi kelar!!!

Setelah persiapan partisi dan pembuatan mebel ½ jadi selesai tibalah saatnya untuk mengirim dan pemasangan mebel di Studio TVRI Bulungan, 5 orang pekerja manpowerberangkat untuk menyelesaikan misi ini. Sekitar 10 hari pekerja kami berada di Bulungan untuk instalasi Studio TVRI ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.