Pilihan Bahan Finishing

5 Bahan Finishing Furniture Yang Sering Digunakan

Bahn-Finishing-Kitchen-Set
Bahn-Finishing-Kitchen-Set

Untuk menunjang dan memperindah hasil akhir sebuah kitchen set, maka perlu digunakan bahan untuk melapisi kitchen set itu sendiri. Kebanyakan kitchen set yang kini digemari adalah dengan cara menggunakan lapisan luar yakni bahan finishing agar tampilannya lebih indah.

Bahan ini pula yang melindungi furniture kitchen set itu sendiri agar tahan lama dan terhindar dari zat yang dapat merusak. Sebaiknya bahan yang akan digunakan digunakan untuk melapisi / finishing adalah bahan yang benar-benar berkualitas. Modern ini, Banyak ragam bahan yang ditawarkan di pasaran mulai dari cat duco, melamik, polyurethane (PU), polyesther, vinir, tacon, akrilik, high gloss panel hingga HPL (High Pressure Laminate).

1. High Pressure Laminate ( HPL )

High Pressure Laminate atau kebanyakan orang menyingkatnya dengan HPL memiliki keunggulan pada kekuatan dan tingkat elastisitasnya. Ini diakibatkan oleh serat dari campuran akrilik dan kayu yang ada pada HPL itu sendiri. Sifatnya yang kuat dan elastis membuat bahan ini mudah untuk ditekuk sehingga sangat baik untuk melapisi tepian lemari / furniture.

2. Akrilik

Bahan Finishing ini memiliki tampilan yang mengkilap dan berwarna cerah. Sangat cocok digunakan pada dapur yang mengejar tampilan modern. Kekurangan bahan ini sukar untuk ditekuk sehingga pada bagian sudut dan tepi lemari harus dilakukan penyambungan.

3. Taconsheet

Tacon adalah merupakan bahan sintetis yang permukannya sedikit bertekstur. Bahan ini banyak memiliki variasi warna yang disediakan. Keunggulan lainnya adalah bahan ini mudah dibersihkan apabila terkena noda dan minyak, namun memiliki kelemahan yakni warnanya yang bisa berubah menjadi kekuningan dan motifnya akan pudar jika digunakan dalam waktu lama.

4. Veneer

Bahan ini merupakan irisan kayu tipis dengan ketebalan sekitar 0,2mm – 0,6 mm yang memiliku serat yang indah. Pada umumnya yang banyak digunakan adalah kayu sungkai atau kayu jati. kelebihan finishing menggunakan bahan ini adalah memiliki tampilan serat kayu yang alami menyerupai kayu solid. Sayangnya bahan ini mudah tergores, terkelupas, dan tidak tahan panas.

5. High Gloss Panel

Bahan ini memiliki tampilan permukaan yang licin dan mengkilap seperti kaca. Di bagian luarnya diberi lapisan duco. Materialnya terlihat mewah dan tahan terhadap goresan. Kelebihan bahan finishing ini dapat ditekuk sehingga tidak terlihat sambungan pada sudut dan tepi lemari / furniture sehingga lebih sempurna karena tidak adanya sambungan yang terlihat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.