Pembuatan Lemari Rak Sekolah untuk SMP KPS Balikpapan

Saat dapat pesanan lemari rak sekolah ini jadi ingat bahwa dulu sekali pernah kami mengerjakan pesanan dari Yayasan KPS Balikpapan. Waktu itu pekerjaan yang kami kerjakan adalah pembuatan beberapa unit lemari loker sekolah untuk SMP & SD KPS. Eh rupanya masih ada rezeki untuk kami disana melalui teman kami.

pesanan-lemari-rak
Lemari-Lemari Lama yang akan diganti

Kebetulan ada seorang teman yang mendapatkan pekerjaan renovasi kelas disana sebanyak 4 ruangan. Setiap ruangannya ada pekerjaan pembuatan lemari tanam untuk mengganti lemari lama yang memang sudah tua dan lapuk. Teman kami adalah seorang pemborong pekerjaan sipil, waktu itu dia tidak tahu harus memesan dimana lemari-lemari tersebut. Akhirnya direkomendasikan lah M Interior oleh guru dan pengurus yayasan tersebut untuk membantunya menyelesaikan lemari-lemari itu.

Singkat cerita setelah mendapat kontak kami, saat menghubungi ternyata nomor tersebut sudah ada di HP si teman yang ternyata memang kami sudah saling kenal lama waktu sama-sama belajar di kota gudeg Jogjakarta. MasyaALLAH, gara-gara proyek ini malah jadi ketemu kawan lama…

pembuatan-lemari-tanam
Pemasangan Lemari Tanam

By the way, biar nggk ngalor ngidul ceritanya, kami lagi2 mau bagi2 tips terkait dengan pembuatan lemari rak sekolah.

  1. Manfaatkan tekukan/ceruk pada dinding sebagai tempat penyimpanan

Jika Anda punya bagian pada dinding bangunan yang menceruk ke dalam atau celah antar pilar, Anda bisa manfaatkan itu. Persis seperti lemari yang kami buat di sekolah ini yang memanfaatkan dinding bangunan yang menceruk ke dalam. Oya, sedikit tips saat pengukuran nih.. Misal ukuran area untuk lemari tanam adalah panjang 100 x tinggi 200 x tebal 40 cm. So, ukuran yang Anda serahkan pada tukang adalah panjang 95 x tinggi 195 x tebal 35 cm, toleransi 5 cm pada setiap bagian adalah untuk memastikan lemari yang Anda pesan pasti masuk ke dalamnya. Nah, nantinya sisi kosong/celah tersebut akan ditutup oleh lis yang ditempel pada bagian depan lemari.

  1. Rak

Rencanakan apa yang ingin Anda simpan dalam lemari tersebut, ukur tiap barang yang akan diletakkan agar Anda bisa mendapatkan tinggi masing-masing rak pada lemari. Jika Anda membutuhkan rak terbuka, pada bagian bawah sediakan juga rak dengan pintu untuk menyimpan barang yang rentan dengan debu. Saat membuat rak, ingatkan tukang agar membuatnya dengan kuat. Jangan hanya selembar plywood 12/15mm, paling tidak gunakan 2 lembar 12mm pada atas-bawah rak dengan ketebalan rak minimal 4 cm.

  1. Finishing

Anda bebas memilih jenis finishing yang Anda inginkan, agar praktis dan cepat gunakan HPL. Pada kasus pekerjaan lemari tanam yang kami kerjakan ini kami menggunakan teknik ducco melamine dengan bahan teakwood jati. Kebetulan spesifikasi yang dibutuhkan memang ducco waktu itu jadi ya emang sedikit ribet.. saat pemasangan selesai kami masih harus re-finishing kembali untuk penyempurnaannya.

Demikian sedikit tipsnya, kalau ada yang ingin menambahkan silahkan coret-coret di komentar bawah ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.