Meminimalkan Biaya Pembuatan Interior Rumah Minimalis

Beberapa kali saya menemui klien yang ingin mendesain furniture/mebel interior rumah nya, hampir selalu keinginannya adalah tema desain interior rumah minimalis. Latar belakangnya variatif, mayoritas ingin mengikuti trend design dan memang menyukai konsep minimalis, tapi ada juga yang karena memiliki denah rumah yang sempit atau menginginkan budget yang juga minimalis.

Memang membuat item furniture rumah minimalis bisa mahal atau bisa juga murah biayanya, menurut saya ini semua tergantung dari kita dalam memilih material yang kita gunakan. Nah, kali ini saya ingin memberikan beberapa tips untuk membuat interior rumah minimalis tapi harga juga minimalis.

1. Langkah awal, pilih tema interior secara keseluruhan yang Anda inginkan

2. Untuk menghemat waktu kerja kontraktor interior, buatlah daftar item furniture apa saja yang Anda butuhkan untuk melengkapi rumah Anda,  rencanakan penempatan furniture Anda.

3. Kemudian, cari referensi desain atau model minimalis yang Anda sukai untuk masing-masing item furniture minimalis tersebut. Anda bisa cari di internet atau memotret furniture di tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi. Cari 2-3 alternatif desain per item furniture agar bisa Anda pilih dan diskusikan dengan keluarga. Lakukan langkah ini sehingga Anda tidak perlu ada alasan untuk membeli ide dari seorang desainer interior.

4. Setelah memutuskan desain minimalis per item furniture, print 3 copy pada masing-masing gambar, tulis pada gambar :

a.       Dimensi (panjang x lebar x tebal) pada masing-masing furniture, ambil meteran dan perkiraan kebutuhan ukuran mebel serta sesuaikan ukurannya dengan gambar denah desain rumah minimalis Anda.

b.      Apabila Anda mengetahui sedikit tentang material furniture, tulis juga pada tiap bagian material seperti apa yang Anda inginkan agar EFISIEN dan tetap KUAT.

5.       Penentuan warna dan finishing

mebel-interior-murah
Contoh mebel dengan finishing Melamic

Pemilihan sistem finishing furniture sangat menentukan harga. Berdasarkan pengalaman kami, finishing ducco MELAMIC adalah yang paling efisien dan hasilnya tetap kuat dan bagus. Mebel-mebel dari jepara banyak menggunakan sistem finishing ini. Ada banyak pilihan warna yang bisa Anda gunakan, untuk meminimalisir biaya pilihlah warna black dengan clear doff. Dengan memilih black doff, furniture tidak perlu lagi dilapis triplek dengan tekstur kayu jati/sungkai yg jelas menambah biaya.

6. Langkah berikutnya mencari calon kontraktor/pembuat furniturenya, tiap kota di Indonesia pasti sudah banyak pengusaha di bidang ini. Kunjungi 3 perusahaan ternama untuk mendapatkan perbandingan harga, ini penting agar Anda bisa mendapatkan harga termurah. Sebagai data mereka untuk menghitung, berikan copy semua furniture yang sudah Anda tulis dimensi dan spesifikasi materialnya, dan katakan :

a.       Anda menginginkan sistem finishing ducco melamic hitam doff untuk semua furniture dan tidak perlu ada pelapisan triplek sungkai/jati pada bagian luar atau dalam furniture.

b.      Utama kekuatan mebel saat digunakan, jangan sampai menggunakan plywood tipis untuk bagian yang seharusnya menggunakan plywood tebal. Gunakan plywood 12-15-18 mm pada bidang-bidang horizontal dan sisi samping mebel, pada bagian depan cukup plywood 9 mm, belakang 3-4 mm.

c.       Untuk pendempulan cukup dempul dengan sempurna bagian luar saja, pada bagian dalam tidak perlu terlalu sempurna yang penting dicat hitam. Ini akan mempermudah pekerjaan kontraktor.

d.      Semua accessories handle harus menggunakan stainless atau aluminium dengan model minimalis. Jika ini menjadi alasan kontraktor untuk menaikkan harga, jangan khawatir, lebih baik Anda adakan sendiri dengan membelinya di toko aksesoris mebel.

e.      Tambahkan lis stainless pada beberapa bagian untuk memberikan kesan minimalis pada furniture Anda. Harga lis stainless hanya Rp 30-40.000 per 3 meter dan ini bukan alasan kontraktor untuk menaikkan harga.

f.        Terakhir, beri mereka deadline untuk mengajukan penawaran/detail RAB via email atau fax. Adalah hak konsumen untuk membandingkan tapi sebaiknya jangan katakan pada mereka bahwa Anda membandingkannya dengan orang lain.

7. Setelah mendapatkan pemenang kontraktor interior furniture Anda ;

a.       Diskusikan proses pembayaran yang memudahkan mereka dengan tiga termin/progress pembayaran yang adil.

b.      Soal kualitas saya rasa semua kontraktor hampir sama, kalau Anda ragu Anda bisa minta kontraktor pemenang untuk mengerjakan satu sampel dahulu.

Nah, demikian tipsnya… mudah-mudahan bisa membantu Anda yang sedang merencanakan ingin membuat furniture minimalis untuk rumah atau kantornya. Oya, kalau mau praktis… dan Anda tinggal di Balikpapan dan Kaltim sekitarnya, hubungi saja kami untuk pembuatan interior minimalis dan harga tetap MINIMALIS.

Satu tanggapan pada “Meminimalkan Biaya Pembuatan Interior Rumah Minimalis

  1. ubinkayu Balas

    Desain interior untuk Lantai Kayu juga bagus untuk menambah kesan nyaman di rumah tinggal anda, 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.